Deploy Aplikasi Web ASP.Net dengan IIS 7

Yap, seperti janji saya diposting’an sebelumnya bahwa akan saya buat tutorial tentang bagaimana men-deploy Aplikasi Web ASP.Net dengan menggunakan web server IIS 7.
Apa itu IIS 7..?? IIS 7 IIS  atau  Internet  Information  Services  adalah  sebuah  HTTP  web server  seperti  Apache  yang  digunakan  dalam  sistem  operasi  server Windows, mulai  dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau  Windows  Server  2003.  Layanan  ini  merupakan  layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0.
IIS  ini  juga  berfungsi  sebagai  pendukung  protokol  TCP/IP  yang berjalan  dalam  lapisan  aplikasi  (application  layer).  IIS  juga menjadi fondasi  dari  platform  Internet    dan  Intranet    Microsoft,  yang mencakup  Microsoft  Site  Server,  Microsoft  Commercial  Internet System dan produk-produk Microsoft BackOffice lainnya.
IIS  telah  berevolusi  semenjak  diperkenalkan  pertama  kali  pada Windows NT 3.51 (meski kurang banyak digunakan) hingga IIS versi 6.0  yang  terdapat  dalam  Windows  Server  2003.  Versi  5.0 diintegrasikan  dalam  Windows  2000,  sedangkan  Windows  XP Professional  memiliki  IIS  versi  5.1.  Windows  NT  4.0  memiliki  versi 4.01 yang termasuk ke dalam add-on Windows NT Option Pack.  Nah untuk versi terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft merupakan IIS 7 yang terbundel dalam Windows Seven juga Windows Server 2008 SP 1.


Sebelum bisa mendeploy sebuah web ke IIS 7, tentunya kita harus memastikan bahwa IIS 7 telah berjalan di dalam Windows kita.
Sebelum melukan aktivasi IIS 7, lebih baik pastikan dulu bahwa tidak ada web server lain yang sedang berjalan di komputer kita. Instalasi  dua buah webserver bisa menimbulkan crash pada salah satu web server sehingga timbul error yang tidak jelas. Sehingga pastikanlah “Tidak Ada Apache Diantara Kita ^_^V”.
Setelah itu ikutilah langkah langkah dibawah ini :

Langkah Pertama : Install IIS 7
Untuk melakukan instalasi IIS 7, silahkan masuk pada Control Panel -> Program -> Turn Windows Features
Aktifkan Internet Information Service lalu  WWW Service > Application Development Futures. Seperti tampak pada gambar berikut ini.

Tunggu sampai proses instalasi selesai. Jika sudah, cobalah untuk membuka browser internet yang biasa Anda gunakan lalu akses ke alamat localhost anda, yaitu http://localhost/ . Jika proses instalasi berhasil maka, ketika anda mengakses localhost di web browser akan muncul seperti ini :

 

Setelah proses instalasi ini, secara default di drive C Anda akan menemukan sebuah folder baru yaitu C:\inetpub\wwwroot. Folder wwwroot ini adalah folder utama untuk menyimpan file-file website yang akan dibuat selanjutnya. (Seperti htdoc didalam Apache, tapi ingat : “Tidak Ada Apache Diantara Kita ^_^V” )

Langkah Kedua : Deploying ASP.Net Project
Untuk bisa melakukan deploying sebuah project ASP.Net, anda harus menajalankan Visual Studio sebagai administrator, yaitu dengan cara klik kanan dan run as administrator. Selanjutnya silahkan klik kanan di project yang ingin di deploy lalu klik publish

selanjutnya akan muncul dialog box seperti dibawah ini :

Pastikan settingan yang anda buat sesuai dengan gambar diatas. Setelah itu, tinggal klil publish dan tunggu hingga muncul report, apakah publish anda berhasil atau gagal dibagian footer dari Visual Studio seperti dibawah ini :

Langkah Ketiga : Membuat Pool Application dari Aplikasi yang Anda Publish
Setelah berhasil melakukan publishing dari web anda, maka yang harus anda lakukan adalah membuka IIS 7 Manager dan membuat pool applicationnya seperti dalam gambar dibawah ini :

Lalu klik kanan pada folder tempat anda mempublish project tadi, dan pilih convert to application. Dimana setelah itu akan muncul dialog box seperti dibawah ini, dan langsung klik ok saja.
Jika berhasil dan tidak terjadi error, silahkan buka web browser kesayangan anda dan akses pada alamat http://localhost/SimpleWSDL . Jika anda beruntung dan tidak terjadi error, maka akan keluar halaman seperti ini

Sehingga services yang telah kita buat di tutorial sebelumnya langsung bisa diakses dengan memasukan alamatnya seperti ini :

Nah selamat mencoba dan tetap jangan lupa “Tidak Ada Apache Diantara Kita ^_^V”

 

http://yohandamandala.blogspot.com/2011/05/deploy-aplikasi-web-aspnet-dengan-iis-7.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: